Rabu, 14 November 2012

Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress dan Blogger

Cara membuat daftar isi di blog wordpress maupun blogger sangatlah mudah. Hanya perlu melakukan beberapa langkah maka tampilan daftar isi akan menghiasi halaman blog kita. Fungsi daftar isi di blog diantaranya untuk memudahkan pengunjung dalam menelusuri halaman situs kita sehingga menjadi lebih user friendly.
Namun, bagi seorang blogger pemula tentunya ada yang merasa bingung bagaimana cara membuat daftar isi di blog baik itu di blog wordpress.org ataupun blogger.com.
Cara membuat daftar isi di blog wordpress
Untuk membuat halaman daftar isi/sitemap di blog wordpress self hosting amatlah mudah karena tinggal menggunakan plugin saja.
1. Download dulu pluginnya di sini http://www.dagondesign.com/articles/sitemap-generator-plugin-for-wordpress/
cara membuat daftar isi di blog wordpress
2. Selanjutnya uploadlah pluginnya melalui dashboard wordpress

3. Atur parameter settingan plugin sesuai keinginan anda. Caranya, arahkan kursor pada menu setting di dashboard wordpress, dan carilah “DDsitemapgen” kemudian tekan pada menu tersebut.

4. Langkah terakhir, buatlah sebuah page/halaman baru. Dan pada mode HTML pastelah kode berikut <!– ddsitemapgen –> kemudian tekan tombol publish

5. Selesai dan lihatlah hasilnya
Cara membuat daftar isi di blogger
Untuk membuat daftar isi/sitemap html di blogger.com juga tak kalah mudahnya. Karena kita hanya tinggal membuat postingan baru lalu pastekan script daftar isi dan publish.
1. Login ke blog anda di blogger.com
2. Buatlah page baru dan pastekan script berikut di dalamnya
<script style=”text/javascript” src=”http://sites.google.com/site/barajajs/listofcontent/contents.js”></script>
<script src=”http://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc”></script>
cara membuat daftar isi di blogger
Jangan lupa untuk mengganti “namablogkamu” dengan alamat blog anda biar scriptnya bisa bekerja secara benar.

0 komentar:

Posting Komentar