Rabu, 16 Oktober 2013

Trik Mengatasi Buffering pada Video Youtube dengan Youtube Enhancer

youtube
Salah satu situs jejaring sosial yang terkenal dan paling banyak diakses oleh pengguna internet adalah youtube.com, situs untuk berbagi file dalam bentuk video. Selain menjadi salah satu situs yang paling terkenal, youtube juga telah mengkonversi banyak sekali orang yang awalnya biasa-biasa saja, menjadi artis terkenal dan mendunia. Sebut saja Justin Bieber kalau di barat sono. Sedangkan di Indonesia ada seorang Briptu Noorman Kamaru yang aksi isengnya berhasil disulap oleh youtube menjadi sarana baginya menjadi artis. Youtube ini seperti menjadi sarana tercepat untuk menjadikan seorang manusia dikenal oleh dunia.
Mungkin kamu juga termasuk salah satu penikmat video-video Youtube, yang mana cara menikmatinya bisa dengan live streaming, atau download dulu Videonya kemudian ditonton secara offline. Untuk bisa mendownload video youtube dibutuhkan aplikasi lain seperti Internet download manager, Youtube downloader, orbit Downloader, dll. Tapi tips yang akan kita bahas kali ini adalah tentang masalah buffering yang sering muncul ketika kita sedang menikmati Live streaming Youtube Videos. Penyebab utamanya pasti karena koneksi yang lembat atau kurang stabil.
Perlu diketahui sebelumnya jika Screen youtube mempunyai resolusi standar 640 pixel, nah dengan resolusi seperti itu pastinya video akan mengalami Buffer, jika kecepatan data tak mumpuni. Kita bisa sedikit melakukan trik dengan memperkecil resolusinya, yaitu dengan bantuan Youtube Enhancer. Aplikasi atau lebih tepatnya Script mempunyai beberapa manfaat yaitu untuk memilih resolusi layar yang kita inginkan, mulai dari 320 sampai 1280 pixel, bisa juga untuk mendownload Video yang sedang diputar (kalau di Orbit Downloader dinamanakn Grab++), dan masih banyak lagi manfaatnya.
Untuk bisa menggunakan Youtube Enhancer, pertama kita harus menginstal dulu add-on dari mozilla firefox yang bernama GreaseMonkey. Belum tahu tentang Greasemonkey, Kenali lebih lanjut di Trik menggunakan GreaseMonkey.
Kalau add on GreaseMonkey sudah terinstal di browser Firefox kamu, selanjutnya tinggal mencari Userscript’nya di http://userscripts.org/scripts. Dan untuk Youtube Enhancer, linknya adalah http://userscripts.org/scripts/show/33042
Langkah menginstal scriptnya adalah :
- Pertama kita kunjungi link tersebut ( )
- Selanjutnya klik tab Install yang terdapat pada kanan atas halaman web.
youtube enhancer
- Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut :
greaseMonkey install
Klik Install !!!







- Secara otomatis, script akan terinstal di Browser FF kamu. Lihat pada Add-ons Manager :
youtube enhancer 1
- Dengan begitu, coba kamu buka youtube.com, pasti ada sedikit perubahan pada tampilannya.
youtube enhancer 2
Panel-panel tambahan yang ada adalah untuk mengatur resolusi layar yang kamu inginkan .
Sekian, semoga bermanfaat !!!

0 komentar:

Posting Komentar